Camera animation atau menganimasikan kamera merupakan sebuah teknik animasi lanjut, animasi ini secara teknis adalah menggerakkan kamera, animasi teknik kamera ini juga sering digunakan dalam membuat animasi terlihat lebih dinamis.
Animasi kamera ada beberapa macam keperluan yaitu untuk mode panning camera, zooming camera, dan gerakan kamera yang lain. Berikut ini akan dijelaskan tentang teknis animasi kamera dengan menggunakan object constraint
Praktik :
Bukalah aplikasi Blender.
Kita akan menggunakan objek kubus sebagai objek yang akan di bidik oleh kamera.
Posisikan cursor ke center, caranya SHIFT S kemudian pilih cursor to center. Hal ini dimaksudkan agar saat kita menambahkan objek baru posisi objek berada di tengah
Lakukan perubahan ukuran pada circle, tekan S lalu geser mouse sehingga lingkaran (circle) membesa
Seleksi kamera, kemudian lakukan reset rotasi, lokasi, dan skala dengan menggunakan shortcut Alt R, Alt G, Alt S.
Pilih constraint (ikon rantai pada properties) kemudian pilih add constraint pilih follow path
Kemudian pilih target bezier circle
Seleksi camera dan cube (multiple selection) SHIFT Klik Kanan
Kemudian tentukan track animasi dengan cara Ctrl T pilih track to constraint
Pilih mode animation, untuk menggerakkan animasi kamera
Tentukan frame animasi start 1 sampai 200
Pilih objek data pada properties, kemudian scrool ke bawah cari path animation tentukan frame 100, evaluation time (double click) ubah menjadi 0, kemudian tekan huruf I untuk menandai keyframe. Pastikan sampai form berwarna kuning
Kemudian atur end frame 200 tekan i. Maka kamera akan mengitari posisi objek
izin copas ya kak
BalasHapus