Basic modelling adalah tahapan awal pengenalan pemodelan (modelling). Fitur utama yang dikenalkan dalam modelling adalah editing mode, vertex, edge, face, extrude. Berikut ini adalah tampilan Blender secara default, yaitu dalam workarea terdapat cube, camera, lamp, dan cursor
Keterangan :
Cube : Kubus object, biasanya pemodelan dimulai dengan objek yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah model yang dikehendaki, selain objek kubus, objek plan juga sering di gunakan untuk awal pemodelan
Camera Kamera berfungsi sebagai view, ouput video yang akan dihasilkan. Lamp Lampu adalah sumber pencahayaan yang digunakan dalam setting kerja 3D. Hal in akan berdampak pada hasil akhir kualitas gelap dan terang suatu objek yang diciptakan. Cursor Merupakan point untuk meletakkan objek yang akan di masukkan kedalam posisi workarea. Sebelum lebih jauh tentang pemodelan Anda akan dikenalkan dengan istilahedit mode shortcut (TAB), dalam posisi manipulasi objek terdapat bagian yang akan sering diseleksi untuk membentuk suatu objek, yang antara lain adalah
Bagian kubus di atas jika diperjelas kerangkanya akan terlihat seperti berikut
Untuk memilih mesh select mode dengan perintah cepat Anda bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL TAB, Kemudian tentukan mode yang akan dipilih.
Face : permukaan objek
Edge : garis objek
Vertex : titik sudut objek
Pemodelan (modelling) adalah proses membuat objek sebagai perwujudan ide yang akan dikomunikasikan. Dalam buku ini pemodelan dicontohkan dengan pembuatan kursi. Objek kursi dipilih karena dalam pemodelan kursi menggunakan fitur–fitur yang umum digunakan dalam pemodelan objek lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar