Pembuatan Query Menggunakan fasilitas query wizard

 on Minggu, 03 April 2016  

Pembuatan Query
Untuk membuat query didalam Access dapat dilakukan dengan tiga fitur yang tersedia , yaitu:
o Menggunakan fasilitas query wizard
o Secara design view
o Menggunakan kode SQL
Dari ketiga cara di atas, sebenarnya baik menggunakan wizard ataupun menggunakan design view, namun tetaplah kedua cara tersebut tersusun berdasarkan instruksi-instruksi SQL, sehingga perlu dipahami terlebih dahulu dasar-dasar instrksi QL, terutama jenis instruksi DML yakni select, update dan delete. Dasar-dasar instruksi tersebut telah dibahas dan dipelajari pada semester terdahulu. Dari ketiga cara di atas, sebenarnya baik menggunakan wizard ataupun menggunakan design view, namun tetaplah kedua cara tersebut tersusun berdasarkan instruksi-instruksi SQL, sehingga perlu dipahami terlebih dahulu dasar-dasar instrksi QL, terutama jenis instruksi DML yakni select, update dan delete.

Query Wizard
Fitur untuk pembuatan query dimana dalam proses penentuan field-field yang akan ditampilkan akan dipandu oleh Ms Access. Beberapa pilihan yang tersedia padaQuery wizard diantaranya adalah
Menggunakan fasilitas query wizard

  1. Simple Query Wizard : Yakni wizard untuk membuat query yang menampilkan data pada field-field yang dipilih.
  2.  Crosstab Query Wizard : Yakni wizard untuk membuat query dalam bentuk crosstab query. Crosstab Query adalah query yang menaniplkan data hasilpenjumlahan ataupun pengelompokkan berdasarkan kriteria tertentu, sehingga memudahkan dalam membaca laporan dengan cepat tanpa perlu mengetahui  detil transaksi yang cukup banyak.
  3. Find Duplicates Query Wizard : Yakni wizard untuk membuat query yangmenampilkan data – data dengan nilai sama pada beberapa tabel.
  4. Find Unmatched Query Wizard : Yakni wizard untuk membuat query yang menampilkan baris – baris data yang tidak memiliki relasi dengan data – data di tabel yang lain.
Penentuan field yang akan ditampilkan
Di antara ke empat wizard tersebut, yang paling umum digunakan adalah Simple Query Wizard, sedangkan wizard – wizard yang lain digunakan apabila inginmembuat query dengan keperluan khusus, misalkan rekapan data, pencarian data yang sama atau pendarian data yang tidak sesuai dan sebagainya. Apabila menggunakan Simple Query Wizard, maka akan dipandu untuk menentukandata pada tabel dan field apa saja yang ingin di tampilkan, seperti pada gambar.
Pembuatan Query Menggunakan fasilitas query wizard 4.5 5 b Minggu, 03 April 2016 Pembuatan Query Untuk membuat query didalam Access dapat dilakukan dengan tiga fitur yang tersedia , yaitu: o Menggunakan fasilitas query wi...


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.