a. Basic Environment
Setting environment adalah bagian pengaturan suasana setelah pemodelan, secara dasar ada trik yang sering dipakai untuk pemula yaitu dengan memilih mode world (memilih ikon bola dunia) di properties kemudian Anda mengaturnya
Praktik
1. Setelah objek selesai dibuat, misalkan pada bentuk kursi, Anda dapat menambahkan objek lain yaitu objek plan untuk dijadikan lantai. Untuk menambahkan objek plan, Anda terlebih dahulu memosisikan select mode pada object mode sebelum menambahkan objek baru. Caranya tekan tombol TAB. Apabila kita tambahkan di mode edit, akan terjadi penggabungan objek.
2. Pilih ikon world pada sisi kanan layar (properties).
3. Pada world pilih blend sky beri tanda centang.
4. Ubah horizon color menjadi warna putih dari yang sebelumnya berwarna hitam.
5. Pilih environment lighting (tanda centang).
6. Kemudian render still F12 untuk melihat hasil saat melakukan render still, hasilkannya sesuai area
yang terbidik oleh kamera
7. Untuk mengubah keposisi semula tekan ESC.
b. Setting Environment Tingkat Lanjut
1) Tambahkanlah objek baru sebagai alas kursi dengan memilih Add\
Mesh Plane.
2) Akan muncul objek baru seperti gambar di bawah ini yang berbentuk persegi yang akan dijadikan alas kursi.
3) Besarkan objek tersebut dengan menekan S (Scale), kemudian geser tempatkan posisi persegi tersebut
di bawah objek kursi seperti gambar berikut
4) Berikan cahaya dengan memilih Add Lamp Sun
di bawah ini
6) Pilih World pada Menu Properties
7) Beri tanda centang Field box Blend Sky pada panel World, Ubahlah warnanya menjadi putih
seperti gambar di bawah ini
9) Tekan N pada Viewport kemudian centang Field Box Lock Camera toView
10) Klik Menu View kemudian pilih Camera untuk melihat pengambilan camera perspective,
kemudian carilah posisi objek yang tepat seperti gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar