Move and Selection). Anda akan mempelajari fungsi untuk seleksi objek. Fungsi move and selection ini penting dan sering digunakan dalam modelling ataupun animasi menggunakan Blender. Dalam file latihan ini sudah disiapkan 3 bidang lingkaran dan beberapa objek yang mempunyai warna sama dengan lingakaran tersebut. Tugas Anda adalah memasukkan objek yang sama tersebut ke dalam lingkaran yang tersedia. Seperti latihan sebelumnya, Anda disarankan mengerjakan dengan menggunakan perintah cepat (shortcut).
Praktik
Anda harus mengenal fungsi seleksi objek dengan menggunakan klik kanan, akan tetapi jika Anda akan menseleksi lebih dari satu, maka ada perintah tambahan yaitu dengan mengombinasi tombol shift pada keyboard.
Mengerjakan lingkaran merah
Untuk menyeleksi lebih dari satu objek, gunakan kombinasi tombol shift . Cara ini paling sering digunakan pada saat modelling atau produksi animasi. Tekan tombol shift , tahan, kemudian seleksi (klik kanan) bidang kotak merah sambil shift terus ditahan. Jika kotak merah sudah diseleksi semua, silakan digeser grabb (G) kemudian masukan ke dalam lingkaran warna merah. Jika objek terlampau besar silakan lakukan scale (S) sehingga seluruh objek dapat masuk ke dalam lingkaran warna merah
Mengerjakan lingkaran warna kuning
Anda mengunakan cara yang lain selain menggunakan kombinasi shift yaitu dengan menggunakan shortcut (C), tekan huruf C kemudian akan ada area seleksi berwarna putih atur sesuai kebutuhan. Caranya adalah dengan menggunakan scroll, kemudian seleksi dengan klik kiri. Harap diingat menggunakan klik kiri untuk seleksi seluruh objek. Untuk mengakhiri perintah ini silakan tekan klik kanan, kemudian Anda seleksi dan geser (G) ke arah lingkaran
Mengerjakan lingkaran warna hijau
Anda akan belajar menggunakan seleksi blok, caranya adalah tekan shortcut huruf (B) klik kiri dan geser area yang ingin diseleksi. Kemudian lakukan grabb geser (G) ke dalam lingkaran. Setelah selesai tutup latihan dan buka kembali file latihan hingga Anda memahami fungsi fitur berbagai jenis seleksi yang sering digunakan untuk produksi animasi.
Build Object
Dalam latihan build object ini Anda diminta untuk merangkai model mobil ini menjadi satu kesatuan mobil yang utuh. Cara yang digunakan ini sudah dijelaskan pada latihan sebelumnya. Latihan ini bersifat pemantapan dalam memahami fitur-fitur yang dikerjakan dengan software Blender.
Praktik :
Dalam mengerjakan rangkaian mobil ini Anda diminta mengerjakan mulai dari bagian roda sebelah kanan. Seleksi kedua roda. Dalam menyeleksi lebih dari satu gunakan kombinasi shift, jadi shift klik kanan pada kedua roda sebelah kanan. Rotasi (R) pada sumbu (Y) 90 derajat, perintahnya adalah dengan menekan pada keyboard R Y 90, enter. Jika sudah sebaliknya geser ke dalam posisi roda sebelah kanan pada mobil. Sebaliknya mengerjakan roda sebelah kiri perintahnya adalah R Y –90, = enter. Mengapa -90? Karena Anda melakukan perintah sebaliknya.
Tempatkan posisi bak truk
Seleksi bak truk (klik kanan) lakukan perintah rotasi pada sumbu Z atau sumbu atas bawah, 90 derajat, perintahnya R Z 90. Lalu tempatkan ke dalam posisi bak truk.
Dalam merapikan rangkaian mobil truk ini biasakan untuk menggunakan fitur view tampak depan, belakang, kanan, kiri, klik tengah geser dan bila perlu menggunakan mode transparant. Anda dapat menggunakan fitur wireframe shortcut huruf Z. Untuk mengembalikan ke bentuk semula silakan tekan huruf Z lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar