Cara mengubah lebar kolom pada microsoft ofice excel

 on Kamis, 21 April 2016  

 Mengubah Lebar Kolom
Pada saat memasukkan data baik berupa teks maupun angka, seringkali sel tempat memasukkan data tersebut tidak cukup sehingga teks yang kita masukkan akan menembus sel lain yang berada di sampingnya. Perhatikan contoh berikut ini.
Misalnya pada kolom A kita memasukkan Rp. 5,625, Rp. 12.540, Rp.345.550 dan Rp.2.564.500. Pada kolom B kita memasukkan angka 45,00, 250,00, 3.450,00, dan 504.780,00. Apa yang terjadi? Beberapa data yang disimpan pada sel yang tidak cukup tersebut biasanya ditandai dengan munculnya lambang #### di dalam sel tersebut atau data akan =terpotong oleh data di sebelah kanannya

Untuk mengatasinya kita perlu menambah atau mengurangi lebar kolom. Untuk mengubah lebar kolom dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau perintah Column Width.
Untuk mengubah lebar kolom dengan menggunakan mouse, ikuti langkahlangkah berikut ini.
  1.  Tunjuk dengan mouse batas kanan kepala kolom yang akan diubah lebarnya sampai penunjuk mouse berubah menjadi panah ganda ke kiri dan kanan ( ) .
  2. Seret ke kanan untuk memperlebar kolom atau ke kiri untuk memperkecil lebar kolom.
Cara lain adalah dengan mengklik dua kali batas kanan kolom pada kepala kolom yang akan diubah. Secara otomatis Excel akan menyesuaikan lebar kolom dengan panjangnya teks.

Cara lain untuk mengubah lebar kolom yaitu menggunakan perintah Column Width, ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Blok kolom yang akan diubah lebarnya.
2. Klik tab Home, klik tanda panah Format, akan tampil kotak dialog seperti Gambar
3. Pilih Column Width, akan muncul kotak dialog Column Width seperti pada Gambar
4. Pada kotak isian Column width secara default lebarnya adalah 8,43 poin.
Untuk mengubahnya ketikkan angka pada kotak isian tersebut. Misalnya untuk kolom A, diubah menjadi 11,57 poin dan kolom B diubah menjadi 10,29 poin. Klik OK.





Cara mengubah lebar kolom pada microsoft ofice excel 4.5 5 b Kamis, 21 April 2016  Mengubah Lebar Kolom Pada saat memasukkan data baik berupa teks maupun angka, seringkali sel tempat memasukkan data tersebut tidak cukup se...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.