Pengertian form dan komponen atau control form yang sering digunakan

 on Minggu, 03 April 2016  

Pengertian Form
Form dapat didefinisikan sebagai suatu interface atau antarmuka gunamembantu pengguna atau operator untuk mengelola data dalam database. Dalam MS Access 2010 terdapat beberapa fitur untuk membuat form. Berikut ini adalah ikon-ikon yang terdapat dalam ribbon Ms Access 2010 untuk pembuatan form :
Fitur- fitur pembuatan form
Setiap dipilih salah satu ikon pembuatan form tersebut maka akan ditampilkan
tab menu Design yang berisi shortcut - shortcut untuk menambahkan komponen
– komponen ke dalam form, seperti gambar berikut
Komponen-komponen untuk membuat form
Berikut ini adalah penjelasn tentang beberapa komponen atau control form yang
sering digunakan diantaranya adalah :
1. Text box
Komponen ini berguna sebagai masukan atau tempat pengisian data.
2. Label 
   Komponen ini berfungsi untuk menuliskan teks, biasanya diletakkan di sebelahkiri dari text box sebagai keterangan dari masukan yang harus diisikan.
3. Button (tombol) 
   Komponen ini berfungsi sebagai tombol untuk berbagai proses pengolahan data, baik isi, edit, hapus data maupun untuk tombol keluar atau Exit.
4. Combo box
Komponen ini berfungsi sebagai masukan yang terdiri atas beberapa pilihan. Prinsipnya, pengguna diminta untuk memilih data dari salah satu pilihan yang tersedia dengan mengklik combo box terlebih dahulu. Umumnya komponen ini digunakan untuk masukan yang dapat terdiri atas banyak pilihan, misalkan tingkat pendidikan, lokasi (propinsi atau kota) dan sebagainya.
5. List box
Komponen ini berfungsi memiliki fungsi yang hampir sama dengan combo box. Perbedaanya adalah pilihan data hanya akan ditampilkan satu persatu pada saat komponen ini di klik. Sedangkan pada combo box, seluruh pilihan data akan ditampilkan berjajar ke bawah saat komponen combo box tersebut di klik.
6. Check box
Komponen ini berfungsi sebagai masukan dengan mengklik salah atau lebih satu pilihan data dari check box yang tersedia. Umumnya komponen ini  digunakan untuk pilihan data yangsudah tertentu dan tidak terlalu banyakpilihan,misalkan hobi.
7. Option button
Komponen ini digunakan untuk masukan data berupa beberapa pilihan data dimana pengguna hanya diperkenankan untuk memilih salah satu data yang tersedia dalam satu grup option button. Contoh dari penggunaan komponen ini adalah penentuan data jenis kelamin, jenjang pendidikan, statuskependudukan dan sebagainya.
8. Sub Form
Komponen ini berfungsi untuk memasukkan form kedalam form yang ada. Misalkan form detail penjualan dari form master penjualan.
9. Image
Komponen ini berfungsi menambahkan gambar (image) dari file image ke dalam form.
Pengertian form dan komponen atau control form yang sering digunakan 4.5 5 b Minggu, 03 April 2016 Pengertian Form Form dapat didefinisikan sebagai suatu interface atau antarmuka gunamembantu pengguna atau operator untuk mengelola data dal...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.