Penguasaan software Blender Basic 3D Pivot 3D

 on Minggu, 24 April 2016  

Penguasaan software Blender Basic 3D
a. Pivot 3D
Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus memahami terlebih dulu posisi dan fungsi sumbu 3D (pivot). Sumbu yang terdapat pada software Blender terdiri atas
  1. Sumbu X yang ditandai dengan warna merah adalah sumbu posisi horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggerser objek ke arah kanan dan ke kiri
  2.  Sumbu Y yang ditandai dengan warna hijau adalah sumbu posisi  horisontal atau sumbu yang berfungsi untuk pergeseran objek ke arah depan dan ke arah belakang 
http://kom-tekno.blogspot.com/2016/04/penguasaan-software-blender-basic-3d.html\
Sumbu Z yang ditandai dengan warna biru adalah sumbu posisi vertikal atau sumbu yang digunakan untuk menggeser objek ke arah atas dan ke bawah. Untuk memudahkan mengingat sumbu koordinat 3D pada sumbu X,Y,dan Z dapat menggunakan jari-jari anda seperti yang terlihat pada gambar 4.19.
Pada gambar 4.19, terdapat posisi jari tengah mewakili sumbu X ditunjukan dengan warna merah, jari telunjuk mewakili sumbu Y ditunjukan dengan warna hijau, dan ibu jari yang tegak mewakili sumbu Z ditunjukan dengan warna biru. Dalam penggunaan software Blender posisi navigasi akan muncul pada pojok sebelah kiri bawah, navigasi berfungsi untuk memudahkan pengguna software untuk panduan mengarahkan perpindahan posisi objek 3D.


Praktik
Bukalah file latihan pada folder Basic 3D,\
 Menggeser objek berdasarkan sumbu : Seleksi objek dengan cara klik kanan pada objek, untuk menggeser ke arah atas (sumbu Z) silakan klik kiri pada panah biru dan geser ke atas atau ke bawah. Untuk menggeser objek pada sumbu X dan Y caranya sama klik kanan pada objek dan gerakkan sesuai keinginan.
b. Navigasi dan View
Bukalah file latihan Blender dengan judul folder “03. Navigasi & View” kemudian Anda akan mendapatkan tampilan file latihan seperti berikut ini
http://kom-tekno.blogspot.com/2016/04/penguasaan-software-blender-basic-3d.html
Gambar 0-20 Human Modelling (latihan navigasi dan view) Dalam latihan ini ada beberapa fitur yang paling sering digunakan untuk modelling antara lain sebagai berikut.
1) View
http://kom-tekno.blogspot.com/2016/04/penguasaan-software-blender-basic-3d.html
Setelah memahami fungsi sumbu 3D, terdapat fitur untuk menampilkan jendela kerja “view”. Jendela ini berfungsi untuk memanggil perintah penampilan jendela yang diinginkan, antara lain camera view, front view, top view. Terdapat perintah untuk memanggil cepat yaitu dengan menggunakan shortcut pada numpad. Navigasi yang lain adalah penggunaan mouse navigation. terdapat beberapa cara yaitu untuk menampilkan zoom in dan zoom out, melihat area kerja secara keseluruhan, dan menggeser objek tanpa mengubah posisi objek pada area kerja.
Penguasaan software Blender Basic 3D Pivot 3D 4.5 5 b Minggu, 24 April 2016 Penguasaan software Blender Basic 3D a. Pivot 3D Dalam mempelajari software 3D khususnya Blender harus memahami terlebih dulu posisi dan fun...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.