Jelaskan sejarah baca tulis dari dahulu?

 on Sabtu, 09 Januari 2016  

Menurut para ahli sejarah, manusia purba salingberkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi hanya berupa gerakan tangan dan dengusan. Manusia purba belum bisa membaca dan menulis. Pada waktu itu, belum ditemukan alat tulis dan cara menulis. Apa pun yang didengar, dilihat, dan dialami belum bisa dicata Ternyata, daya ingat manusia sangat terbatas. Tidak semua hal yang didengar, diucapkan, dan dialami dapat diingat kembali. Keadaan inilah yang mendorong manusia mencari cara menyimpan informasi yang pernah didengar, dilihat, atau dialaminya. Manusia purba menyimpan informasi dalam bentuk gambar, lukisan, simpul tali, ukiran, dan prasasti Berbagai media telah digunakan oleh manusia purba. Misalnya, dinding gua, batu, tulang, pohon, dan tanah liat

Apa bukti  manusia purba menyimpan informasi?
Salah satu bukti manusia purba menyimpan informasi adalah penemuan lukisan binatang pada dinding gua di benua Afrika. Hal tersebut merupakan bukti bahwa manusia purba sudah dapat menyimpan informasi dalam bentuk lukisan atau gambar. Masa ketika manusia belum mengenalbaca tulis disebut zaman prasejarah atau prehistoric.

Apa bangsa yang pertama kali dapat membaca dan menulis?
Bangsa Sumeria diyakini sebagai bangsa yang pertama kali dapat membaca dan menulis. Hal ini dibuktikan oleh penemuan tulisan pada lempeng tanah liat yang dibuat sekitar tahun 4100 SM (Sebelum Masehi) sampai tahun 3800 SM.

bangsa Mesir kuno juga telah dapat membaca dan menulis. Bangsa Mesir menggunakan huruf?
Pada masa yang hampir bersamaan, bangsa Mesir kuno juga telah dapat membaca dan menulis. Bangsa Mesir menggunakan huruf berupa gambar-gambar atau piktograf. Setiap simbol mempunyai bentuk bunyi atau lafal yang berbeda sehingga simbol tersebut dapat membentuk kata, kalimat, dan bahasa.

Apa yang dimaksud dengan papirus?
Bangsa Mesir telah menulis pada lembaran papirus sejak tahun 3000 SM. Papirus adalah sejenis tanaman yang banyak dijumpai di sepanjang sungai Nil. Papirus dapat diolah menjadi lembaran-lembaran yang dapat ditulis. Menulis informasi pada lembaran papirus jauh lebih mudah daripada menulis di batu atau tanah liat.

Jelaskan sejarah penemuan penemuan parchment.?
Pada tahun 150 SM, raja Mesir bernama Pharaoh Ptolemy V, melarang ekspor papirus untuk Raja Eumenes dari kerajaan Pergamon. Hal inilah yang kemudian mendorong penemuan parchment. Parchment dibuat dari sejenis kulit hewan, seperti kulit domba, kambing, dan sapi. Menulis pada selembar parchment jauh lebih mudah dibanding dengan menulis pada papirus.
Jelaskan sejarah baca tulis dari dahulu? 4.5 5 b Sabtu, 09 Januari 2016 Menurut para ahli sejarah, manusia purba salingberkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi hanya ber...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.