Bagaimana cara menyalakan komputer yang benar?

 on Rabu, 13 Januari 2016  

1. Menyalakan Komputer
Komputer memerlukan tegangan listrik yang stabil agar tidak mudah rusak. Jika tegangan listrik di rumahmu relatif stabil maka kamu tidak memerlukan penstabil tegangan atau stabilizer. Beberapa komputer menggunakan penstabil tegangan yang menjadi satu dengan motherboard (stabilizer internal). Jika kita akan menggunakan komputer, kamu harus mengaktifkan komputer tersebut terlebih dahulu. Tahapan mengaktifkan komputer secara aman sebagai berikut

a. Perhatikan dengan saksama bagaimana kondisi kabel catu daya, stop kontak, dan stabilizer. Jika komputermu menggunakan stabilizer, pastikanlah kabel power (catu daya) dari komputer telah terhubung ke stabilizer. Kemudian, periksa kabel catu daya dari stabilizer apakah telah dihubungkan dengan stop kontak (listrik dari PLN).



jika komputermu tidak menggunakan stabilizer, kita dapat langsung menghubungkan kabel dengan stop kontak.




Berhati-hatilah ketika menghubungkan kabel catu daya dengan stop kontak atau dengan stabilizer. Guna kan hanya tangan kanan atau tangan kiri saja saat menancapkan kabel ke stop kontak. Pastikan tangan mu dalam keadaan kering (tidak basah). Sebaiknya, guna kan alas kaki yang terbuat dari bahan karet. Akan lebih baik jika lantai ruangan komputer telah diberi alas yang terbuat  dari bahan isolator. Hal ini untuk mem perkecil risiko jika terkena sengatan listrik secara tidak sengaja.b. Perhatikan monitor komputermu. Apakah monitor komputer memiliki kabel catu daya yang terhubung ke komputer atau menggunakan kabel catu daya yang dapat langsung ditancapkan ke stop kontak? Pastikan kabel catu daya monitor telah terhubung dengan benar. Jika saat kita menyalakan komputer monitor dalam keadaan menyala, sebaiknya dimatikan dulu. Usahakan monitor dalam keadaan padam ketika komputer dinyalakan. Hal tersebut untuk menghindari lonjakan daya listrik secara tiba-tiba

c. Jika menggunakan stabilizer, carilah sakelar power (switch ON/OFF) lalu nyalakan. Biasanya lampu pada stabilizer akan menyala jika stabilizer dalam keadaan ON.

d. Carilah tombol power yang ada di bagian depan CPU. Pada casingkomputer jenis ATX yang lebih baru, kamu dapat menyalakan komputer dengan hanya menyentuh tombol perlahan. Jika kamu meng gunakan casing komputer jenis AT, kamu harus menekan tombol lebih keras untuk menyalakan komputer. Amati apakah ada lampu kecil (LED) yang menyala? Umumnya komputer menyediakan lampu indikator yang menandakan komputer sedang menyala atau padam.



e. Setelah komputer dinyalakan, tunggulah sekitar dua detik atau lebih. Kemudian, nyalakan monitor. Tekan sakelar ON/OFF pada monitor dan perhatikan apakah pada layar monitor muncul suatu tampilan. Ketika komputer dinyalakan, akan terjadi pengecekan berbagai perangkat komputer. Jika semua perangkat dalam keadaan baik maka komputer akan mencoba untuk menjalankan sistem operasi yang disimpan di hard disk. Biasanya akan muncul beberapa informasi di layar monitor. Tahapan ini disebut sebagai Bootstarp

f. Komputer akan mencoba menjalankan sistem operasi tertentu. Kita  akan melihat berbagai pesan atau gambar-gambar grafik selama proses berlangsung. Apa yang ditampilkan sangat bergantung pada jenis sistem operasi yang sedang digunakan. Jika kita  menggunakan sistem operasi windows xp terlihat tampilan logo Windows seperti pada gambar berikut.


Jika menggunakan sistem yang lain, seperti Linux Ubuntu 8.04 maka kita dapat melihat tampilan berikut. Sistem operasi pada komputer sangat penting sehingga dapat diibaratkan sebagai kemudi pada sebuah mobil. Sistem operasi akan mengatur carakerja komputer.



g. Setelah proses loading sistem operasi selesai maka kamu dapat melihat tampilan berwarna-warni yang disebut desktop. Desktop merupakan daerah yang meliputi seluruh layar monitor tempat berbagai komponen sistem operasi disimpan. Kita dapat membayangkan desktop seperti sebuah meja yang dipenuhi alat-alat tulis. Tampilan desktop setiap sistem operasi berbeda-beda.
Tampilan desktop windows xp berbeda dengan  desktop Linux Ubuntu. Begitu pula tampilan Windows Vista akan berbeda dengan tampilan sistem operasi lainnya. Berikut merupakan contoh tampilan beberapa sistem operasi yang banyak digunakan.

Bagaimana cara menyalakan komputer yang benar? 4.5 5 b Rabu, 13 Januari 2016 1. Menyalakan Komputer Komputer memerlukan tegangan listrik yang stabil agar tidak mudah rusak. Jika tegangan listrik di rumahmu relatif sta...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.