Bagaimana Membuat dokumen dengan menggunakan notepad?

 on Minggu, 17 Januari 2016  

Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad
Untuk mendapatkan aplikasi Notepad, ikuti langkah-langkah berikut. Klik Start >> All Programs >> Accessories >> Notepad. Perhatikan gambar jendela Notepad berikut.


Pada saat menjalankan sebuah aplikasi, tombol aplikasi tersebut mucul di taskbar. Tombol ini dapat dimanfaatkan untuk menampilkan (show) atau menyembunyikan (hide) jendela aplikasi. Cobalah meng-klik tombol tersebut beberapa kali dan lihatlah hasilnya.


Perhatikan jendela Notepad . Pada bagian paling atas atau paling bawah dapat dijumpai judul bar dengan tulisan Untitled–Notepad. Dokumen yang baru dibuka dan belum disimpan akan diberi nama Untitled.
Area berwarna putih yang mendominasi jendela Notepad disebut workspace area. Pada area ini kita  dapat menulis dokumen. Klik pada workspace, kemudian ketikkan kalimat berikut.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah windows xp  saat ini telah muncul windows vista yang akan menggantikan windows xp semakin baru versi windows  Windows yang kita gunakan, akan semakin tinggi pula kebutuhan perangkat kerasnya
Ketika kita  mengetik kalimat tersebut, Notepad akan menuliskannya satu baris memanjang dari kiri ke kanan. Kita  hanya dapat melihat sebagian teks. Kita  dapat membaca kalimat yang tidak tampak dengan menggeser horizontal scroll bar. Perhatikan gambar berikut.

Gunakan mouse untuk menggeser horizontal scroll bar. Kita  bisa meng-klik tombol kiri mouse tepat di atas scroll bar. Tahan dan geser ke arah kanan. Lepaskan jika sudah sampai di sisi kanan. Sekarang, kita dapat membaca kalimat yang terhalang oleh jendela Notepad. Sebaliknya, jika ingin melihat kalimat di sebelah kiri, geser saja horizontal scroll bar ke kiri.

Notepad menyediakan fasilitas Word Wrap yang dapat digunakan untuk menampilkan isi dokumen yang terformat dari atas ke bawah. Klik menu Format >> Word Wrap. Perhatikan gambar sebelum menu Word Warp diaktfikan berikut.


Perhatikan gambar setelah menu Word Wrap diaktifkan berikut.

Bagaimana perbedaan teks sebelum dan sesudah Wordwrap diaktifkan? Kita dapat melihat teks lebih rapi dari sebelumnya. Selanjutnya, arahkan kursor pada akhir kalimat. Kemudian, tekan tombol Enter. Tambahkan kalimat berikut tepat di bawah teks yang sudah ada


Bagaimana Membuat dokumen dengan menggunakan notepad? 4.5 5 b Minggu, 17 Januari 2016 Membuat Dokumen dengan Menggunakan Notepad Untuk mendapatkan aplikasi Notepad, ikuti langkah-langkah berikut. Klik Start >> All Progra...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.