Setelah kita membuka program Microsoft Word (selanjutnya akan kita sebut Word), maka kita perlu mengenal dan memahami berbagai menu dan ikon (lambang perangkat atau tool) yang ada. Hal itu bertujuan agar kita mampu mengoperasikan software ini dengan baik. Tampilan word bisa kita istilahkan dengan nama Lingkungan Kerja, yaitu tampilan software yang akan digunakan. Bagian-bagian penting dari lingkungan kerja Word 2007 beserta fungsinya adalah sebagai berikut.
1. Office Button
Office button merupakan bagian yang berguna untuk mengakses fungsifungsi umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen. Letaknya berada dibagian kiri atas jendela Word 2007
2. Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar terletak di sebelah kanan Office button pada bagian title bar. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan command button (tomboltombol shortcut) yang sering kita gunakan untuk mengolah dokumen. Kita bisa menambah dan mengurangi command button yang ditampilkan di Quick Access Toolbar sesuai dengan keinginan.
3. Title Bar
Title Bar berfungsi menampilkan nama file atau dokumen yang sedang dibuka berserta ekstensinya. Komponen ini terletak dibagian atas jendela Word 2007
4. Tab Menu
Tab Menu berguna untuk menampilkan group-group yang berfungsi mengakses fungsi-fungsi yang sering ditampilkan di Word
Group merupakan komponen-komponen yang diletakkan di dalam satu Group Box di bawah Tab Menu. Di dalam Group terdapat tombol-tombol yang disebut dengan Command Button. Setiap Group terdiri dari berbagai Command Button yang memiliki fungsi yang sama.
Command button berfungsi untuk mengakses fungsi-fungsi yang sering digunakan di Word 2007. Bila kalian pernah menggunakan Word 2003, maka kalian akan melihat perbedaan yang sangat signifikan dengan Word 2007. Perbedaan tersebut terlihat dalam tampilan user interface (UI) baru yang menggantikan Menu, Toolbars, dan sebagian besar Task Panes yang ada di Word
versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. Pengganti menu dan toolbars pada Word 2007 biasa disebut Ribbon, dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan. Ribbon ini terdiri atas beberapa Tabs yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Masing-masing tab terdiri atas beberapa Groups. Setiap group terdiri atas beberapa Tombol Perintah atau Command Buttons
7. Status Bar
Status bar berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi umum tentang dokumen yang kita buka, misalnya jumlah halaman, jumlah huruf, dan sebagainya. Pada status bar terdapat pengatur View dokumen seperti Print Layout, Full Screen Reading, dan sebagainya.
8. Scrollbar
Scrollbar berfungsi untuk menggeser atau menggulung lembar kerja. Scrollbar terdiri dari vertical scrollbar dan horizontal scrollbar . Vertical Scrollbar berfungsi menggeser lembar kerja ke arah atas dan bawah, sedangkan Horizontal Scrollbar berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke arah kiri dan kana
9. ControlBox.
ControlBox berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen di desktop. Kita bisa mengecilkan (minimize), membesarkan (maximize/restore), dan menutup dokumen (close).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar