Bagaimana Sikap dan Posisi Duduk dalam Mengunakan Komputer?

 on Rabu, 13 Januari 2016  

Sikap dan Posisi Duduk dalam Mengunakan Komputer
 Pada saat menggunakan komputer, mungkin kita  pernah merasa sakit punggung, sakit leher, atau matamu terasa pedih. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan komputer. Gunakan meja dan kursi yang cocok dengan postur tubuh . Posisi tubuh saat duduk di kursi harus nyaman. Hal tersebut untuk mencegah sakit punggung dan leher. Beristirahatlah sesaat setiap 1 jam dan gerakkan badan, lakukan peregangan, atau berjalan sesaat di sekitar ruang komputer. Usahakan minum air putih secukupnya supaya ginjal tetap sehat.


Jarak antara mata dan monitor tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Jarak antara mata dengan layar komputer kira-kira sekitar 50 cm. Sebaiknya ujung atas layar monitor berada sedikit di bawah mata, kirakira membentuk sudut 20º–30º antara horison dan titik tengah layar monitor. Perhatikan gambar di samping.

Agar mata tidak cepat lelah kamu harus melakukan istirahat mata setiap 30 menit sekali. Caranya dengan melihat gambar di dinding, memandang ke luar jendela, atau menatap benda-benda lain yang agak jauh. Lakukan sekitar 1–2 menit. Kita  juga dapat mengistirahatkan mata dengan cara memejamkan mata selama beberapa detik. Untuk menghindari cedera pada tangan, kita harus menghindari pemakaian keyboard yang tombolnya keras atau sudah rusak. Posisi jari-jari tangan saat menekan tombol tidak seluruhnya menempel atau menekan keyboard. Ilustrasi berikut dapat membantumu menentukan posisi duduk yang tepat. Kita  akan merasakan apakah posisi  dudukmu nyaman atau tidak.



Pengoperasian komputer tidak hanya memerlukan keyboard. Kita juga memerlukan peralatan lain salah satunya adalah mouse. Bentuk mouse bermacam-macam, namun umumnya mouse memiliki dua atau tiga buah tombol serta kabel yang terhubung ke komputer



Pilihlah mouse yang tombol-tombolnya tidak terlalu keras agar jarimu tidak sakit ketika menekan tombol mouse. Letakkan mouse di sebelah kanan keyboard.
Bagaimana Sikap dan Posisi Duduk dalam Mengunakan Komputer? 4.5 5 b Rabu, 13 Januari 2016 Sikap dan Posisi Duduk dalam Mengunakan Komputer  Pada saat menggunakan komputer, mungkin kita  pernah merasa sakit punggung, sakit leher, ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.