Jelaskan cara mengelola database dan menggunakan fungsi excel mengurutkan data?

 on Senin, 08 Februari 2016  

Mengelola Database dan Menggunakan Fungsi Excel
Semua data yang kita masukkan ke lembar kerja Excel 2007 merupakan range yang disusun oleh kolom serta baris. Data-data tersebut merupakan suatu database dalam lembar kerja Excel 2007. Contohnya data-data siswa suatu sekolah yang terdiri dari nama, alamat, tanggal lahir, kota, dan sebagainya. Setiap kolom terdiri dari data yang sejenis dan dilengkapi dengan judul-judul, kita sebut dengan isitilah field name. Di bawah judul tersebut berisi data yang ditempatkan dalam baris yang dikenal dengan sebutan record. Berikut ini contoh database
 Kita akan mempelajari proses database, mulai dari mengurutkan data, memilih/filter data sampai kepada proses PivotTable. Namun sebelum itu, lakukan proses berikut ini.
a. Rubah nama sheet yang berisi database tersebut di atas menjadi nama sheet Database.
b. Copy nama sheet Database, kemudian rubah namanya menjadi DataSort.
c. Copy kembali nama sheet Database, kemudian rubah namanya menjadi DataAutoFilter.
d. Copy kembali nama sheet Database, sehingga rubah namanya menjadi DataAdvFilter.
e. Copy kembali nama sheet Database, kemudian rubah namanya menjadi DataPivot.
Tampilan Nama Sheet
1. Mengurutkan Data
Mengurutkan data bertujuan mengelompokkan data berdasarkan field tertentu, sehingga memudahkan dalam pencarian data. Kita bisa mengurutkan data, dengan cara-cara sebagai berikut.
a. Klik nama sheet DataSort.
b. Sorot range B4:F13.
c. Pada tab Data dan di dalam Group Sort & Filter, klik tombol Sort .
d. Di layar terlihat kotak dialog Sort.
e. Pada bagian Sort by, tentukan kunci pengurutan pertama, misalnya klik nama field Status. Hal ini karena kita akan mengelompokkan data berdasarkan status perkawinan setiap pegawai.
f. Pada bagian Sort On, tentukan dasar pengurutan data, misalnya Value. Pilihan ini digunakan untuk mengurutkan berdasarkan nilai atau data pada field Status, karena Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan jenis huruf pada data Status
Kotak Dialog Sort
g. Pada bagian Order, kalian tentukan cara pengurutan, yaitu dari A to Z (Ascending/menaik) atau Z to A (Descending/menurun). Pada bagian ini, klik pilihan A to Z.
h. Klik OK dan hasilnya akan terlihan
Proses Pengurutan Data
Jika kita akan mengurutkan data yang lebih dari satu kunci pengurutan, misalnya kunci pengurutan pertama berdasarkan field Status dan yang kedua berdasarkan field Gaji Pokok, maka gunakan cara berikut ini.
a. Sorot sel B3 hingga F13 atau range B3:F13.
b. Pada tab Data, kemudian di dalam Group Sort & Filter, klik tombol Sort.
c. Setelah itu, di layar akan terlihat kotak dialog Sort
d. Pada bagian Sort by, pilih field Status.
e. Pada bagian Sort On, tentukan dasar pengurutan data, yaitu Value.f. Pada bagian Order,
    klik pilihan dari A to Z (As-cending/menaik).
g. Klik tombol Add Level untuk menentukan kunci pengurutan kedua.
h. Pada bagian Then by, klik nama field Gaji Pokok.
i. Pada bagian Sort On, klik pilihan Value.
j. Pada bagian Order, klik pilihan dari A to Z (As-cending/menaik).
k. Jika kalian akan menghapus kunci pengurutan data yang tidak diperlukan, klik tombol
    Delete Level.


l. Sedangkan untuk memindahkan kunci pengurutan, gunakan tombol Move Up untuk
   memindahkan ke atas atau Move Down untuk memindahkan ke bawah.
m. Klik OK dan hasilnya akan terlihat sebagai berikut

Jelaskan cara mengelola database dan menggunakan fungsi excel mengurutkan data? 4.5 5 b Senin, 08 Februari 2016 Mengelola Database dan Menggunakan Fungsi Excel Semua data yang kita masukkan ke lembar kerja Excel 2007 merupakan range yang disusun oleh...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.