Jelaskan bagian-bagian yang terdapat pada tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer ?

 on Sabtu, 13 Februari 2016  

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN OPENOFFICE.ORG WRITER
Sebelum lebih jauh menggunakan OpenOffice.org Writer, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian yang terdapat pada tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer beserta fungsinya masing-masing. Dengan begitu, Anda akan memahami gambaran dasar dan letak sebuah tool pada jendela OpenOffice.org Writer. Secara umum, setiap lembar kerja OpenOffice.org Writer terdiri atas Title Bar, Control Window, Menu Bar, Toolbar Standard, Toolbar Formatting, Horizontal dan Vertical Ruler, Scroll Bar, Toolbar Drawing, dan Status Bar. Penjelasan mengenai masing-masing bagian adalah sebagai berikut.

Bagian-bagian pada tampilan OpenOffice.org Writer
Tiittlle Barr
Bagian pertama dari tampilan OpenOffice.org Writer adalah Title Bar atau Baris Judul yang berada pada jendela paling atas. Bagian ini menjadi indikator nama file yang sedang aktif. Pada gambar diatas, dokumen yang sedang aktif adalah Untitled 1, sedangkan OpenOffice.org Writer adalah nama program aplikasinya. Jika Anda membuka dokumen baru lagi, secara otomatis Title Bar akan menunjukkan nama Untitled2, Untitled3, dan seterusnya.
Title Bar dan Control Window pada OpenOffice.org Writer
2.. Conttrroll Wiindow
Bagian kedua terletak di bagian kanan Title Bar. Bagian ini sering disebut Control Window
dan berfungsi untuk mengatur jendela lembar kerja OpenOffice.org Writer. Terdapat tiga
jenis ikon yang mempunyai nama dan fungsi yang berbeda, yaitu
  •  Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.org Writer.
  • Maximize dan Restore, berfungsi untuk memperbesar tampilan layar OpenOffice.org Writer dan untuk mengembalikan ukuran tampilan jendela ke ukuran semula
  • Close, berfungsi untuk menutup seluruh lembar kerja OpenOffice.org Writer dan keluar dari programnya. Ikon ini sama dengan perintah File → Exit dari menu bar.

3.. Menu Barr
Menu bar pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa menu utama yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer menyediakan sembilan menu yang terdapat pada menu bar. Kesembilan menu yang merupakan menu pull-down tersebut adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window, dan Help. Huruf bergaris bawah pada menu merupakan huruf kunci (shortkey) yang dapat Anda gunakan bersamaan dengan tombol ALT pada keyboard untuk membuka menu-menu tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat membuka menu Edit dengan menekan tombol ALT + E secara bersamaan.
Menu bar OpenOffice.org Writer
Toollbarr Sttandarrd
Toolbar adalah sekumpulan perintah berbentuk gambar atau ikon yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Toolbar Standard adalah ikon-ikon utama yang dapat Anda gunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter dalam dokumen OpenOffice.org Writer.
 
Toolbar Standard pada OpenOffice.org Writer
5.. Toollbarr Forrmattttiing
Toolbar formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur, memodifikasi atau memformat objek-objek pada dokumen seperti objek gambar, tabel, dan teks. Toolbar Formatting juga dapat Anda gunakan untuk mengganti jenis, ukuran dan warna huruf.

Toolbar Formatting pada OpenOffice.org Writer
6.. Horriizonttall Rullerr
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas kiri dan batas kanan dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.
 
7.. Verrttiicall Rullerr
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas atas dan batas bawah dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

8.. Horriizonttall Scrrollll Barr
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar bagian teks yang tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat
 
9.. Verrttiicall Scrrollll Barr
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.
 
10.. Toollbarr Drrawiing
Toolbar Drawing berisi ikon-ikon yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen yang disertai gambar, auto shapes dan tulisan yang menarik dengan Font Work Gallery.
 
Toolbar Drawing pada OpenOffice.org Writer




Status Bar pada OpenOffice.org Writer
11.. Sttattus Barr
Status Bar Merupakan bagian yang terletak pada posisi paling bawah dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, ukuran tampilan, Caps Lock, Num Lock dan sebagainya










Jelaskan bagian-bagian yang terdapat pada tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer ? 4.5 5 b Sabtu, 13 Februari 2016 MENGENAL BAGIAN-BAGIAN OPENOFFICE.ORG WRITER Sebelum lebih jauh menggunakan OpenOffice.org Writer, Anda perlu mempelajari terlebih dahul...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.