Fungsi yang tersedia di dalam Excel 2007, dapat kita manfaatkan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan. Berikut ini merupakan fungsi yang sering kita gunakan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan.
a. Fungsi Statistika
Fungsi statistika ini antara lain terdiri dari Count, Sum, Average, Max dan Min.
1) digunakan untuk menjumlahkan seluruh data angka dari sederetan angka.
2) digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan data angka.
3) digunakan untuk menghitung banyaknya data.
4) digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan data angka.
5) digunakan untuk mencari nilai terendah dari sederetan data angka. Untuk membuktikannya, maka kita akan mencoba untuk menghitung jumlah seluruhnya, rata-rata, nilai tertinggi dan nilai terendah.
Hasil Perhitungan dengan Fungsi Statistika |
1) Sel F8 diisi dengan =SUM(F3:F7)
2) Sel F9 diisi dengan =AVERAGE(F3:F7)
3) Sel F10 diisi dengan =MAX(F3:F7)
4) Sel F11 diisi dengan =MIN(F3:F7)
b. Fungsi IF (Fungsi Logika)
Pemakaian fungsi logika bisanya kita perlukan jika membutuhkan suatu pernyataan logika. Fungsi ini berfungsi untuk menguji suatu data, apabila data bernilai benar atau bernilai salah. Agar bisa menggunakan fungsi If, maka diperlukan operator relasi (operator pembanding) seperti berikut ini.
1) = sama dengan
2) < lebih kecil dari
3) > lebih besar dari
4) <= lebih kecil atau sama dengan
5) >= lebih besar atau sama dengan
6) <> tidak sama dengan
1) AND dua syarat terpenuhi
2) OR salah satu syarat terpenuhi
3) NOT selain dari syarat yang disebutkan
Fungsi If mempunyai bentuk argumen seperti berikut
Artinya jika ekspresi logika benar, maka perintah pada value_if_true yang akan dilaksanakan, sebaliknya apabila ekspresi logika salah, maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan. Untuk membuktikanya, kita akan uji cobakan pada tabel berikut ini
Tampilan tabel pada Lembar Kerja Excel |
Hasil Penggunaan Fungsi IF |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar