Struktur kontrol Perulangan for, while dan do-while untuk menjalankan kode program

 on Senin, 30 Mei 2016  

Struktur Kontrol Perulangan
Perulangan merupakan struktur yang memungkinkan untuk menjalankan kode program yang sama beberapa kali dengan menggunakan suatu kondisi tertentu. Perulangan dalam javascript memiliki tiga bentuk, yakni perulangan for, while dan  do-while.

Perulangan for
Perulangan ini memiliki bentuk sebagai berikut

for ( inisialisasi; kondisi; peubah ) {
baris program 1;
baris program 2;

}


Perulangan while
Perulangan ini memiliki bentuk sebagai berikut :

while ( kondisi ) {
kode program yang ingin dijalankan berkali-kali;
}


Perulangan do-while
Perulangan ini memiliki bentuk sebagai berikut :

do {
kode program yang ingin dijalankan berkali-kali;
} while( kondisi );


Dari ketiga bentuk perulangan diatas hanya for yang memerlukan pernyataan inisialisasi dan peubah. Inisialisasi disini digunakan sebagai bagian penentuan variabel yang akan digunakan untuk mengendalikan jumlah perulangan yang akan dilakukan. Peubah adalah operasi aritmatika yang dapat dilakukan untuk mengubah nilai variabel penentu tersebut. Sedangkan kondisi disini digunakan untuk menentukan kapan suatu blok perulangan dijalankan berdasarkan nilai dari variabel penentu tersebut. Cara kerja dari perulangan for tersebut dapat digambarkan dengan menggunakan diagram alur berikut
Secara umum untuk setiap kasus perulangan dapat diterapkan dengan menggunakan ketiga bentuk tersebut. Contohnya, kita dapat membuat perulangan untuk menampilkan pesan "Halo javascript" hingga 3 kali dengan menggunakan ketiga perulangan tersebut.

for (var i = 0; i < 3; i++) {
document.write("Halo javascript 1<br>");
}
var j = 0;
while ( j < 3 ) {
document.write("Halo javascript 2<br>");
j += 1;
}
var k = 0;
do {
document.write("Halo javascript 3<br>");
k++;
} while ( k < 3 );
Struktur kontrol Perulangan for, while dan do-while untuk menjalankan kode program 4.5 5 b Senin, 30 Mei 2016 Struktur Kontrol Perulangan Perulangan merupakan struktur yang memungkinkan untuk menjalankan kode program yang sama beberapa kali dengan m...


1 komentar:

  1. Titanium for Sale at $3399 at The Fastest Price
    Compare titanium piercings prices of over 70 titanium trimmer as seen on tv stores tungsten titanium to find the best deal for titanium vs tungsten the Titanium Titanium Gold - at the Fastest Price on Amazon.com. Get titanium hair dye special offers & fast delivery options.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.