Macam-macam perintah pada Standard Toolbar corel draw 12 dan fungsinya

 on Senin, 09 Mei 2016  

 Standard Toolbar
Standard toolbar berisi perintah-perintah standar yang selalu ada pada programprogram Windows seperti New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, dan juga beberapa perintah CorelDRAW seperti Import, Export, Zoom levels, Application Launchers, dan Corel Online.

http://kom-tekno.blogspot.com/2016/05/macam-macam-perintah-pada-standard.html
Fasilitas toolbar berguna untuk mempermudah suatu proses. Misalnya untuk mencetak suatu lukisan, melalui sistem menu diperlukan tiga langkah proses, yaitu penekanan tombol Alt lalu F dan P (pemakaian tombol Alt+F+P untuk mengaktifkan menu File submenu Print). Melalui toolbar, hanya diperlukan satu klik mouse saja, yaitu ikon proses (Print). Anda dapat melakukan konfigurasi (menambah atau mengurangi) alat pada toolbar. Pada toolbar standar terdapat ikon-ikon proses seperti berikut

a. New
Ikon ini berfungsi untuk mempersiapkan dokumen desain yang baru. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+N  atau pilih menu File kemudian klik submenu New.

b. Open
Ikon ini berfungsi untuk mengaktifkan kembali file CDR yang pernah disimpan di disk. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+O atau menu File submenu Open.

c. Save
Ikon ini berfungsi untuk menyimpan data objek lukisan pada file CDR. Melalui sistem menu, ikon ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+S atau menu File submenu Save.

d. Print
Ikon ini berfungsi untuk mencetak informasi objek lukisan yang sedang aktif saat itu. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakantombol Ctrl+P atau menu File submenu Print.

e. Cut
Ikon ini berfungsi untuk menyimpan objek lukisan terpilih pada memori clipboard sistem dan kemudian menghapusnya dari lukisan tersebut. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+X atau menu Edit submenu Cut.

f. Copy
Ikon ini berfungsi untuk menyimpan objek lukisan terpilih pada memori clipboard sistem tanpa menghapus objek tersebut dari lukisannya. Melalui sistem ini, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+C atau menu Edit submenu Copy

g. Paste
Ikon ini berfungsi untuk menyalin data objek yang ada pada memori clipboard sistem ke lukisan yang sedang aktif. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+V atau menu Edit submenu Paste.

h. Undo
Ikon ini berfungsi untuk membatalkan sejumlah proses terakhir yang pernah dilakukan. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan Ctrl+Z atau menu Edit submenu Undo

i. Redo
Ikon ini berfungsi untuk mengulangi kembali (redo) sejumlah proses terakhir yang pernah dibatalkan (undo). Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Shift+Ctrl+Z atau menu Edit submenu Redo.

j. Import
Ikon ini berfungsi untuk mengambil data lukisan dari sistem lainnya. Melalui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+I atau menu File submenu Import.

k. Export
Ikon ini berfungsi untuk menyimpan data lukisan dengan format sistem lainnya. Melaui sistem menu, ikon proses ini dapat digantikan dengan menggunakan tombol Ctrl+E atau menu File submenu Export.

l. Application Launcher
Ikon ini berfungsi untuk menampilkan daftar modul sistem Corel Graphics Suite yang dapat diaktifkan secara langsung melalui sistem CorelDRAW, misalnya, Corel Photo-Paint, Corel Capture, dan Corel Trace.
 
m. Corel Online–WEB Connector
Ikon ini berfungsi untuk mengunjungi situs web Corel melalui jaringan  internet.
 
n. Zoom Levels
Ikon ini berfungsi untuk menentukan skala tampilan objek lukisan di layar.  Misalnya, per halaman (To Page), per lebar tampilan (To Width), per tinggi tampilan (To Height), 50% (setengah ukurannya), 100% (ukuran normal), dan 200% (dua kali lipat).
Macam-macam perintah pada Standard Toolbar corel draw 12 dan fungsinya 4.5 5 b Senin, 09 Mei 2016  Standard Toolbar Standard toolbar berisi perintah-perintah standar yang selalu ada pada programprogram Windows seperti New, Open, Save, Pri...


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.