Pengenalan variabel java script

 on Sabtu, 28 Mei 2016  

VARIABEL
Variable adalah suatu obyek yang berisi data data, yang mana dapat dimodifikasi selama eksekusi program. Di Javascript terdapat beberapa kriteria untuk penamaan variabel, seperti ditunjukkan berikut ini.
  •  Nama variabel harus dimulai oleh satu huruf (huruf besar maupun huruf kecil) atau satu karakter _ (garis bawah).
  • Nama variabel bisa terdiri dari kombinasi huruf, angka atau karakter _ dan $ (spasi kosong tidak diperbolehkan
  •  Nama variabel tidak boleh memakai nama-nama yang termasuk ke dalam kata kunci bahasa Javascript. Berikut ini merupakan daftar kata kunci yang ada di Javascript. 
Sumber: kompilasi https://developer.mozilla.org dan http://msdn.microsoft.com. Berikut ini adalah contoh pemberian nama variabel yang benar dan tidak benar:Nama variabel yang benar
- umur
- namaLengkap
- luas_lingkaran
- jari2
- _7an
- $biaya

Nama variabel yang tidak benar
- Nama Lengkap - Ada spasi kosong
- 7ruangan - Dimulai dgn angka
- email@website.com - Karakter @
- top-level-domain - Karakter -
- function - Kata kunci Javascript

Di Javascript kita menggunakan sistem case sensitive yang artinya membedakan nama variabel dengan huruf besar dan huruf kecil, oleh karena itu biasakanlah memberikan nama variabel dengan aturan yang sama. Ada beberapa teknik pemberian nama yang dapat digunakan, diantaranya adalah

Camel Case, dengan teknik untuk nama variabel yang lebih dari satu kata akan digabungkan tanpa garisbawah dan setiap huruf pertama dari tiap kata dituliskan dalam huruf kapital. Sedangkan untuk huruf pertama dari kata pertama dapat juga ditulisakan menggunakan huruf kecil. Contoh: AsalSekolah, SuhuUdara, luasPersegiPanjang, namaLengkap, dan sebagainya.
- Notasi Hungaria, disini diawal dari nama variabel akan ditambahkan tipe data yang ditampungnya, seterusnya dapat menggunakan notasi camel case. Contoh: stringNamaLengkap (atau lebih pendek, strNamaLengkapstring menunjukkan variabel ini berisi data alfanumerik), intUmur (int menunjukkan variabel ini menyimpan bilangan bulat), dan sebagainya.
- Selain dengan camel case, variabel dengan nama lebih dari satu kata dapat juga dibuat dengan menambahkan garisbawah sebagai penghubung antar katanya. Contoh: asal_sekolah, luas_persegi, nama_lengkap, dan sebagainya.
Pengenalan variabel java script 4.5 5 b Sabtu, 28 Mei 2016 VARIABEL Variable adalah suatu obyek yang berisi data data, yang mana dapat dimodifikasi selama eksekusi program. Di Javascript terdapat be...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.