Pengertian event dalam Javascript

 on Selasa, 31 Mei 2016  

Interaksi User
Adanya interaktifitas dalam aplikasi akan membantu menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Di banyak bahasa pemrograman pengolahan interaksi ini dikenal sebagai teknik penanganan event. Event dalam Javascript adalah sebuah kejadian interaksi antara user dengan halaman web. Bentuk interaksi ini dapat digambarkan seperti pada saat user melakukan klik pada tombol ataupun link, mengetik username dan password dan sebagainya.

Event ini pada HTML ditambahkan dalam bentuk atribut dari elemen yang ada. Program javascript yang ditempatkan pada atribut tersebut akan dijalankan pada saat interaksi yang bersesuaian terjadi. Berikut ini merupakan daftar atribut yang dapat digunakan untuk mengolah interaksi user



Format penerapan kode Javascript pada atribut event diatas sebagai berikut :

<tag atribut-event=”kode javascript;;” … > … </tag>
atau untuk tag tanpa penutup

<tag atribut-event=”kode javascript;;” … />

Contoh program penerapan event pada halaman web.

<a href=”http://kompas.com” onclick=”alert(‘Link ini akan
membuka halaman Kompas.com’);;”>Link 1</a>


Pada contoh diatas, apabila user melakukan klik pada Link 1, maka akan ditampilkan alert(). Selanjutnya pada contoh berikut ini sudah melibatkan fungsi di Javascript. Dimana apabila nilai dari input text berubah, maka alert() akan tampil dengan mengambil nilai yang diketikkan oleh user.

<script>
function sayHalo(){
var nm = document.getElementById('nama').value;
alert("Halo, " + nm);
}
</script>
<input type="text" id="nama" onchange="sayHalo();" />


Pernyataan document.getElementById(‘id elemen’).value adalah perintah javascript untuk mengambil nilai input dari elemen form.
Pengertian event dalam Javascript 4.5 5 b Selasa, 31 Mei 2016 Interaksi User Adanya interaktifitas dalam aplikasi akan membantu menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Di b...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.