Bentuk-bentuk dari blok fungsi dalam pemrograman

 on Senin, 30 Mei 2016  

Fungsi dalam pemrograman merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan program dalam menyelesaikan suatu kasus, proses atau rumus aritmatika tertentu. Dengan pengertian yang sama pengelompokkan kode ini juga sering disebut subprogram (program bagian), prosedur ataupun metode. Dalam javascript semuanya itu disebut fungsi, karena Javascript hanya menyediakan satu kata kunci untuk membuat fungsi ini, yaitu function.

Fungsi dalam proses pemanggilannya (eksekusi) ada yang membutuhkan data tertentu agar dapat berjalan. Data tertentu yang perlu diberikan saat pemanggilan fungsi ini dikenal dengan nama parameter. Setiap fungsi dapat tidak memiliki atau memiliki lebih dari satu parameter.
Aturan penamaan fungsi mengikuti aturan penamaan variabel. Bentuk dari blok fungsi adalah sebagai berikut

function nama_fungsi ( parameter1, parameter2, ...,
parameterN )
{
kode program sebagai definisi fungsi
return nilai_balik_jika_ada;
}

Keterangan :
nama_fungsi: nama dari fungsi yang akan dibuat parameter1...N: merupakan syarat yang diperlukan oleh fungsi tersebut untuk dapat berjalan. Suatu fungsi juga dapat tidak memiliki parameter, artinya dapat dijalankan tanpa syarat. return: perintah untuk membelikan hasil operasi dari fungsi ke user. nilai_balik_jika_ada: nilai hasil operasi dari fungsi. Suatu fungsi dapat juga tidak memiliki nilai balik. Jika tidak memiliki nilai balik maka pernyataan return dapat ditiadakan. Untuk menjalankan program yang ada dalam fungsi tersebut kita dapat memanggilnya dengan cara, sebagai berikut :

varHasil = nama_fungsi ( nilai_parameter1, nilai_parameter2,
..., nilai_parameterN ) ;

Keterangan :
varHasil: variabel yang dapat digunakan untuk menampung nilai balik dari fungsi yang dipanggil bila ada.
Dilihat dari hasil akhirnya fungsi dalam javascript dibedakan jadi dua, yakni fungsi yang memiliki nilai balik dan tidak. Nilai balik disini maksudnya adalah nilai hasil operasi yang dijalankan didalam fungsi diberikan ke bagian program lainnya untuk diproses lebih lanjut. Nilai balik dalam javascript dinyatakan dengan menggunakan kata kunci return. Contoh kasusnya dalam program penghitung luas dan volume limas. Dimana dalam perhitungan volume juga terdapat menyertakan perhitungan luas didalamnya. Dengan kata lain untuk menghitungvolume limas kita harus menghitung luas alasnya terlebih dahulu. Dalam program, proses ini diterjemahkan sebagai berikut.

var panjang = 5;
var lebar = 3;
var tinggi = 4;
var luasAlas;
var volume;
luasAlas = panjang * lebar;
volume = luasAlas * tinggi / 2;

Apabila diubah dalam bentuk fungsi program diatas akan menjadi

function hitungLuasAlas ( p, l ) {
var luas = p * l;
return luas;
}
function hitungVolume ( la, t ) {
var vol = la * t / 2;
return vol;
}
var panjang = 5;
var lebar = 3;
var tinggi = 4;
var luasAlas;
var volume;
luasAlas = hitungLuasAlas(panjang, lebar);
volume = hitungVolume(luasAlas, tinggi);
alert(luasAlas);
alert(volume);


Contoh : fungsi tanpa nilai balik

function sapa(nama){
alert("Halo, " + nama);
}
sapa(“bintang”);


Contoh fungsi tanpa parameter.function sayHalo(){

alert("Halo");
}
sayHalo();
Bentuk-bentuk dari blok fungsi dalam pemrograman 4.5 5 b Senin, 30 Mei 2016 Fungsi dalam pemrograman merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan program dalam menyelesaikan suatu kasus, proses atau...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.