Penulisan kode Javascript di dalam dokumen/halaman HTML

 on Jumat, 27 Mei 2016  

Penulisan Kode Javascript
Ada beberapa cara untuk menuliskan kode Javascript di dalam dokumen/halaman HTML, yakni menggunakan tag <script>, menggunakan file eksternal, dan melalui event tertentu.
Menggunakan tag <SCRIPT>
Kode javascript dalam HTML dituliskan dengan menggunakan tag <script> dengan format sebagai berikut :

<script language=”javascript”>
......
</script>

Atribut language di dalam tag <SCRIPT> menunjukkan jenis bahasa yang digunakan dan versinya, contohnya “Javascript“, “Javascript1.1“,“Javascript1.2“ untuk bahasa Javascript atau bahasa lainnya, contohnya “VBScript“. Jika kita ingin menggunakan beberapa versi Javascript di dalam satu halaman HTML (untuk menyesuaikan dengan kompatibilitas navigator) , maka kita hanya perlu meletakkankode-kode Javascript tersebut (berdasarkan versinya) kedalam beberapa tag <SCRIPT> dengan mencantumkan versi Javascriptnya.


Menggunakan file eksternal
Cara berikutnya adalah menuliskan kode program Javascript dalam suatu file teks dan kemudian file teks yang berisi kode Javascript di panggil dari dalam dokumen HTML (khusus Netscape mulai versi 3 keatas). Kode yang kita sisipkan kedalam dokumen HTML adalah sebagai berikut :

<script language=”javascript” src=”lokasi/file.js”></script>

dimana lokasi/file.js adalah adalah lokasi dan nama file yang berisi kode Javascript, jika perintah tambahan SRC tidak disertakan maka tag Script akan mencari kode yang terletak di dalam tag Script.

Melalui event tertentu
Event adalah sebutan dari satu aksi yang dilakukan oleh user, contohnya seperti klik tombol mouse, pembahasan lebih lanjut ada di materi lainnya. Kodenya dapat di tulis sebagai berikut :

<tag eventHandler="kode Javascript yang akan dimasukkan">
dimana eventHandler adalah nama dari event tersebut.
Penulisan kode Javascript di dalam dokumen/halaman HTML 4.5 5 b Jumat, 27 Mei 2016 Penulisan Kode Javascript Ada beberapa cara untuk menuliskan kode Javascript di dalam dokumen/halaman HTML, yakni menggunakan tag <scrip...


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.