Definisi dan fungsi CSS atau cascading style sheet

 on Jumat, 20 Mei 2016  

Definisi dan fungsi cascading style sheet
Cascading Style Sheet atau lebih sering disebut dengan istilah CSS merupakan salah satu dokumen website yang bertujuan untuk mengatur gaya (style) tampilan website.

CSS bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan sebuah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen pada web sehingga akan lebih terstruktur, seragam dan mudah dalam pengaturan saat pendesain sebuah halaman web. CSS merupakan sekitar pembuatan dan pengaturan style font, warna, jarak, bentuk, dan lain-lain yang tidak dapat dilakukan dengan elemen - elemen HTML. Dapat dikatakan bahwa CSS merupakan pengembangan dari HTML dalam hal format dokumen web. Adanya CSS memudahkan kita untukmengatur dan memilih sebuah website dan tampilannya karena CSS memisahkan antara bagian presentasi dan isi dari web yang dibuat. Selain itu dengan penggunaan dari CSS dalam pembuatan web akan memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini :
  •  Kode HTML menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diatur
  • Ukuran file menjadi lebih kecil sehingga load file lebih cepat.
  •  Mudah untuk mengubah tampilan, hanya dengan mengubah file CSS saja.
  •  Dapat berkolaborasi dengan JavaScript dan merupakan pasangan setia HTML.
  •  Dapat digunakan dalam hampir semua jenis web browser

CSS merupakan sebuah teknologi internet yang di rekomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Setelah CSS di standarisasikan, internet explorer dan Netscape merilis browser terbaru yangmendukung standar CSS. Terdapat tiga versi CSS, CSS1, CSS2, dan CSS3. Yaitu :


CSS 3 merupakan versi CSS terbaru yang masih dikembangkan oleh W3C. Namun beberapa web browser sudah mendukung CSS 3. CSS 2 didukung seutuhnya oleh CSS 3 dan tidak ada perubahan, hanya ada beberapa penambahan.

 Ketika sebuah web yang semula menggunakan CSS 2 bermigrasi CSS 3, tidak perlu mengubah apapun. Dengan adanya CSS mempermudah pengaturan dan pemeliharaan sebuah website dan tampilannya karena CSS memisahkan antara bagian pengatur gaya dan isi dari web.
Definisi dan fungsi CSS atau cascading style sheet 4.5 5 b Jumat, 20 Mei 2016 Definisi dan fungsi cascading style sheet Cascading Style Sheet atau lebih sering disebut dengan istilah CSS merupakan salah satu dokumen w...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.