Pengertian variabel Array dalam kode javascript

 on Minggu, 29 Mei 2016  

Variabel-variabel di JavaScript hanya bisa menyimpan satu data pada suatu saat. Adanya kecenderungan yang besar untuk memanipulasi sejumlah data dalam satu variabel membuat konsep variabel tersebut menjadi tidak cukup. Sebagai solusinya, JavaScript menghadirkan struktur data yang memungkinkan menyimpan himpunan/kelompok data dalam satu variabel khusus yang disebut Array.

Array, adalah satu variabel yang dapat berisi banyak data yang independent. Data yang disimpan diberikan indeks tertentu atau menggunakan nomer urut mulai dari 0.Indeks ini nantinya dapat digunakan untuk mengakses data yang disimpan dalam array tersebut.
 
JENIS-JENIS ARRAY
Array Multidimensi
Array yang hanya berisikan nilai-nilai tunggal disebut sebagai array monodimensi atau unidimensi. Berikut merupakan ilustrasi dari array monodimensi tersebut.
Perhatian :
Indeks ini akan diberikan secara otomatis oleh interpreter javascript, dimulai dari elemen/data pertama dengan indeks 0. Dalam suatu array dengan n elemen, maka elemen ke-n akan mempunyai indeks n-1.

Jika elemen suatu array berisikan array lainnya, maka array tersebut termasuk array multidimensi. Berikut ilustrasinya.
Array Asosiatif
Indek dalam array selain ditentukan secara otomatis oleh sistem dan selalu dimulai dari 0, juga dapat dimodifikasi dengan menggunakan kata (string) atau nilai tertentu. Tabel dengan indeks termodifikasi ini kita kenal dengan nama array asosiatif. Berikut adalah ilustrasinya
 
PEMBUATAN ARRAY
Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat array di Javascript.

var TabelKu = ["data 1", "data 2", "data 3", "data 4"];
var TabelKu = new Array("data 1", "data 2", "data 3", "data
4");
var TabelKu = new Array();


Dua cara yang pertama menunjukkan bahwa array dibuat dengan langsung memberikan nilainya, sedangkan pada cara yang terakhir array dibuat tanpa data.
Pengertian variabel Array dalam kode javascript 4.5 5 b Minggu, 29 Mei 2016 Variabel-variabel di JavaScript hanya bisa menyimpan satu data pada suatu saat. Adanya kecenderungan yang besar untuk memanipulasi sejumlah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.