Konversi jenis variabel secara paksa. parseInt() dan parseFloat() Javascript

 on Minggu, 29 Mei 2016  

KONVERSI JENIS VARIABEL
Meskipun Javascript memungkinkan pengaturan perubahan jenis variabel secara transparan,kadang kadang kita perlu juga untuk melakukan konversi jenis variabel secara paksa. parseInt() dan parseFloat() merupakan dua fungsi yang dapat digunakan untuk konversi ini. 

Fungsi parseInt() 
Fungsi ini mungkinkan merubah satu variabel yang dilewatkan dengan parameter tertentu (bisadalam bentuk string ataupun dalam bentuk bilangan dalam basis yang disebutkan di parameterkedua) menjadi bilangan bulat. Sintaksnya adalahsebagai berikut :

parseInt(string[, basis]);

Agar supaya fungsi parseInt() mengembalikan nilai bilangan bulat, maka parameter yangdilewatkan harus dimulai dengan karakter bilangan [0-9], prefiks hexadesimal 0x, dan/ataukarakter +,-,e,dan E. Selain daripada itu maka fungsi parseInt() akan mengembalikan nilai NaN(Not a Number). Jika karakter berikutnya tidak valid, maka akan diabaikan oleh fungsiparseInt(), dan akan ditampilkan terpotong jika di bagian depan karakter valid dan bagianbelakang karakter tidak valid.Berikut ini salah satu contoh penggunaan fungsi parseInt() :
 
var a = "123";
var b = "456";
document.write(a+b + "<BR>"); // hasil 123456
document.write(parseInt(a)+parseInt(b) + "<BR>"); // hasil
579
Fungsi parseFloat()
 


Adalah satu fungsi dasar dari Javascript yang memungkinkan merubah variabel yang dilewatkandengan parameter tertentu menjadi bilangan desimal, Sintaks dari fungsi parseFloat() adalah sebagai berikut :

parseFloat(string);
Konversi jenis variabel secara paksa. parseInt() dan parseFloat() Javascript 4.5 5 b Minggu, 29 Mei 2016 KONVERSI JENIS VARIABEL Meskipun Javascript memungkinkan pengaturan perubahan jenis variabel secara transparan,kadang kadang kita perlu jug...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.