Kode html untuk membuat Komponen input file dan Komponen radio button pada web

 on Selasa, 17 Mei 2016  

Form HTML digunakan untuk memilih pelbagai macam inputan yang disediakan. Data bisa diinputan dalam komponen entri pilihan, diantaranyainput file, radio button, chexbox, select serta datalist.
1.) Komponen input file
Komponen input file berfungsi untuk memasukan data file yang dibutuhkankedalam sistem web yang dibuat. Format tag HTML-nya adalah sebagai berikut :

Name= “name” merupakan pemberian nama pada komponen input sebagai nama dari komponen. Karena pada saat sistem web dijalankan maka data yang diolah di dalam pemrograman adalah berdasarkan nilai (value) dari nama komponen input tersebut. Contoh bentuk tampilannya adalah sebagai berikut :


Listing kode diatas menghasilkan tampilannya sebagai berikut

Bila dklik browse maka akan muncul kotak dialog untuk mencari file, seperti berikut :
2.) Komponen radio button
Pada form input radio button hanya ada satu pilihan yang terseleksi,tidak bisa digunakan untuk multiple answer. Format umum tag HTML dari Form Input Radio Button adalah sebagai berikut :
Name= “name” merupakan pemberian nama pada komponen input sebagai nama dari komponen. Karena pada saat sistem web dijalankan maka data yangdiolah di dalam pemrograman adalah berdasarkan nilai (value) dari nama komponen input tersebut. Berikut adalah penggalan listing program penulisanform input radio button

Yang perlu diperhatikan pada penggunaan input radio adalah bahwa atribut nama (name) dari komponen dari input tersebut harus sama. Contoh bentuk tampilannya adalah seperti pada gambar.
Kode html untuk membuat Komponen input file dan Komponen radio button pada web 4.5 5 b Selasa, 17 Mei 2016 Form HTML digunakan untuk memilih pelbagai macam inputan yang disediakan. Data bisa diinputan dalam komponen entri pilihan, diantaranyainput...


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.