Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lurus

 on Kamis, 24 Maret 2016  

1. Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lurus
Garis lurus dapat Anda gunakan untuk membuat bangun datar misalnya segitiga dan segi empat. Anda dapat menyimak cara membuat segitiga pada uraian berikut.
a. Siapkan lembar kerja, kemudian klik ikon Drawing
Ikon Drawing
b. Setelah itu, kursor akan berubah menjadi gambar pena. Lakukan klik pada titik pertama. Lanjutkan dengan melakukan klik pada titik kedua dan ketiga.

Membuat tiga
titik segitigaa
c. Hubungkan titik ketiga dengan titik pertama. Untuk membuat kurva tertutup, pastikan kursor Anda berubah menjadi gambar pena dengan lingkaran kecil di sampingnya.
Menghubungkan titik
ketiga dan titik pertama
2. Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lengkung
Anda dapat pula menggunakan garis lengkung untuk membuat kurva tertutup. Kurva tertutup yang dihasilkan sering digunakan untuk menyeleksi bagian tertentu dari objek. Contoh kurva lengkung dapat Anda amati pada gambar berikut
Kurva lengkung
Siapkan lembar kerja, kemudian klik ikon Drawing.
b. Lakukan klik pada titik pertama. Geser kursor pada titik kedua. Pada titik kedua ini lakukan klik dan tahan tombol mouse (jangan dilepaskan). Hal ini dilakukan untuk memperoleh garis lengkung. Tetaplah menekan tombol mouse, kemudian geser mouse ke arah kiri bawah.
Membuat garis
lengkung
c. Lanjutkan proses dengan melakukan klik, tahan, dan geser mouse sehingga diperoleh gambar yang sesua
Menghubungkan titik
pertama dan titik terakhir
Kurva yang telah Anda hasilkan dapat Anda olah kembali. Pengolahan yang dapat Anda lakukan misalnya memperbesar dan memperkecil ukuran kurva, hingga mengubah bentuk kurva.
Langkah-langkah memperbesar ukuran kurva sebagai berikut.
a. Lakukan klik pada Path Selection Tool
 

Path Selection
Tool

b. Klik kurva yang akan Anda ubah ukurannya.
c. Letakkan kursor pada salah satu sudut kurva, misalnya sudut kiri atas. Untuk memperbesar kurva, klik dan drag ke arah kiri atas. Sebaliknya, jika Anda ingin memperkecil kurva, lakukan klik dan drag ke arah kanan bawah





Klik kurva menggunakan
Path selection tool


Memperbesar
ukuran kurva
Selain ukuran kurva, Anda dapat juga mengubah bentuk kurva. Perhatikan proses pengubahan bentuk kurva berikut.
a. Tekan tanda segitiga kecil di samping Path Selection Tool. Pilihlah Direct Selection Tool
\

 

Ikon Direct Selection Tool
b. Lakukan klik pada salah satu titik seleksi kurva, misalnya titik seleksi paling bawah. Setelah dipilih, titik seleksi akan dilengkapi dua garis lurus ke samping. Dua garis ini dapat Anda gunakan untuk mengubah kelengkungan garis kurva. Tentu garis kurva yang dapat Anda ubah hanyalah garis yang melalui titik seleksi. Jika Anda ingin mengubah kelengkungan bagian garis yang lain, lakukan klik pada titik seleksi yang sesuai.
Memilih salah
satu titik seleksi

Menggeser titik
seleksi ke bawah
c. Untuk mengubah bentuk kurva, lakukan klik dan  drag titik seleksi ke arah tertentu (pada contoh ini titik seleksi digeser ke bawah).
Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lurus 4.5 5 b Kamis, 24 Maret 2016 1. Menggambar Kurva Tertutup Menggunakan Garis Lurus Garis lurus dapat Anda gunakan untuk membuat bangun datar misalnya segitiga dan segi ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.