Bagaimana membuat Objek yang dapat kita bentuk menggunakan CorelDRAW?

 on Senin, 07 Maret 2016  

Membuat Objek
Objek yang dapat kita bentuk menggunakan CorelDRAW tidak lepas dari bentuk garis. Anda dapat membuat garis dengan berbagai alat. Sebagian besar alat tersebut terdapat pada toolboxCurve Tool. Anda dapat menggunakan beberapa alat yaitu Freehand Tool, Bézier Tool, Pen Tool, Polyline Tool, dan 3 Point Curve Tool.
Selain alat pada Curve Tool, Anda juga dapat menggunakan Smart Drawing Tool. Untuk memulai membuat garis ikuti uraian berikut.
a. Klik kiri alat yang akan Anda gunakan untuk membuat garis.
b. Arahkan pointer pada drawing area dan lakukan klik kiri.
c. Geser pointer dilokasi berbeda sesuai ukuran garis yang Anda inginkan.
d. Klik kiri sekali lagi. Apabila alat masih aktif, Anda dapat menekan tombol Enter untuk mengakhiri proses tersebut.


Apabila menggunakan Freehand Tool prosesnya sama persis dengan uraian di atas. Namun sedikit berbeda pada enam alat lainnya. Berikut langkah sederhana untuk masing-masing alat untuk membuat garis.
a. Bézier Tool
Lakukan klik kiri pada Bézier Tool, arahkan pointer pada drawing area, dan lakukan klik kiri sekali lagi atau tekan Enter.
b. Pen Tool
Lakukan klik pada Pen Tool, arahkan pointer pada drawing area lain, dan klik kiri sekali atau tekan Enter.
c. Polyline Tool
Lakukan klik pada Polyline Tool, buat bentuk garis sesuai keinginan Anda baik lurus atau lengkung, dan klik kiri sekali atau tekan tombol Enter. Alat tersebut mempunyai karakter dapat membuat garis lengkung sesuai arah tangan kita.

d. 3 Point Curve Tool
Objek yang dapat dibuat menggunakan 3 Point Curve Tool adalah garis lengkung yang terdiri atas tiga titik koordinat. Cara membuat garisnya dengan melakukan klik kiri pada 3 Point Curve Tool, arahkan pointer pada drawing area lakukan klik kiri, dan tahan sebagai titik pertama. Selanjutnya, geser pointer dan lepaskan mouse untukmendapat titik kedua. Adapun titik ketiga didapat dengan mengarahkan pointer pada tempat lain dan lakukan klik sekali lagi

e. Smart Drawing Tool
Klik Smart Drawing Tool, buat bentuk sesuai keinginan Anda (misal persegi), arahkan pointer pada garis keempat supaya bertemu dengan titik pertama. Selanjutnya lakukan klik sekali untuk mengakhiri proses tersebut. Gambar proses membuat garis menggunakan keenam alat dapat Anda lihat pada Gambar
Setelah Anda dapat membuat garis dengan berbagai alat, selanjutnya kini Anda belajar memodifikasi garis yang Anda buat. Ikuti uraian berikut ini supaya Anda dapat melakukannya.
a. Buatlah bentuk garis pada drawing area.
b. Lakukan seleksi objek. Caranya dengan mengaktifkan Pick Tool, arahkan pointer pada objek, dan lakukan klik kiri. Objek yang telah terseleksi ditandai munculnya delapan kotak kecil hitam mengelilingi objek

Apabila objek telah aktif, Anda dapat memodifikasi baik warna ukuran maupun bentuknya. Pastikan objek telah aktif sehingga Anda dapat memodifikasinya. Untuk mengubah ketebalan garis lakukan langkah berikut.
a. Arahkan pointer menuju toolbox Outline dan lakukan klik kiri sekali untuk membuka isi toolboxnya
b. Pilih salah satu point line pada toobox tersebut. Misalnya Anda memilih
2 Point Outline (Thin)


c. Klik sekali pada 2 Point Outline dan perhatikan perubahannya. Apabila Anda tidak menemukan ukuran garis yang cocok, ikuti langkah berikut.
a. Seleksi atau aktifkan objek dengan Pick Tool.
b. Arahkan pointer pada toolbox Outline dan klik sekali untuk membukanya.
c. Sesaat komputer akan menampilkan jendela dialogOutline Pen berikut
d. Kini Anda dapat mengubah ketebalan garis maupun warna garis. Untuk mengubah warna klik tombol Color dan pilih warna yang Anda sukai. Adapun untuk mengubah ketebalan klik pada tombol Width dan pilih ketebalan garis yang cocok.
e. Klik tombol OK untuk mengakhiri langkah ini dan perhatikan hasilnya pada monitor Anda.
Bagaimana membuat Objek yang dapat kita bentuk menggunakan CorelDRAW? 4.5 5 b Senin, 07 Maret 2016 Membuat Objek Objek yang dapat kita bentuk menggunakan CorelDRAW tidak lepas dari bentuk garis. Anda dapat membuat garis dengan berbagai a...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.