Cara Menggunakan animasi pada satu objek pada power point

 on Senin, 28 Maret 2016  

Jenis Animasi
Pada Microsoft PowerPoint, Anda dapat menggunakan beberapa metode animasi. Metode pertama yaitu Animation Schemes (pola animasi). Metode kedua yaitu Custom Animation (animasi khusus), sedangkan metode ketiga adalah Slide Transition (animasi perpindahan halaman). Animation Schemes diterapkan pada teks yang terdapat dalam halaman (slide). Animasi ini diterapkan sebagai satu paket animasi. Jadi, jika terdapat lebih dari satu teks, teks-teks tersebut akan diberik animasi sesuai dengan animasi yang telah dipilih. Jenis Custom Animation dapat diterapkan pada teks, gambar, maupun clip art. Dengan menggunakan Custom Animation, Anda dapat menggunakan animasi berbeda pada masing-masing objek. Slide Transition khusus digunakan untuk memberi animasi perpindahan halaman. Objek-objek yang terdapat dalam halaman tidak akan terpengaruholeh animasi tersebut



2. Menggunakan Animasi pada Satu Objek
Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan berbagai macam animasi pada satu objek. Akan tetapi, lebih baik Anda mempelajari cara memberikan satu animasi pada satu objek terlebih dahulu.

a. Menggunakan Fasilitas Animation Scheme
Animasi jenis Animation Scheme digunakan untuk memberikan efek animasi pada teks. Jika Anda menggunakan beberapa kelompok teks, animasi akan diterapkan sebagai satu paket animasi (animasi ini dapat Anda cermati pada bagian lain dalam buku ini). Dalam menu Animation Scheme Anda dapat menggunakan beberapa macam animasi. Cara memberikan animasi dapat Anda cermati pada uraian berikut.
1) Aktifkan slide yang akan diberi animasi, misalnya slide berikut
2) Lakukan klik pada menu Slide Show. Pilihlah submenu Animation Schemes.
3) Sesaat kemudian akan muncul task pane di samping kanan halaman (slide).
4) Pilihlah salah satu jenis animasi, misalnya Fade In One by One. Untuk melihat hasil animasi, klik tombol Play. Untuk melihat hasil animasi satu layar penuh (full screen),   klik tombol Slide Show.
5) Untuk keluar dari tampilan animasi satu layar penuh, lakukan klik kanan dan pilihlah End Show.

b. Menggunakan Fasilitas Custom Animation
Jenis animasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis objek, misalnya gambar, teks, clip art, serta diagram. Cara menggunakan fasilitas ini sebagai berikut.
1) Aktifkan halaman Microsoft PowerPoint.
2) Tambahkan gambar, clip art, atau diagram pada halaman tersebut. Misalkan Anda dapat menggunakan gambar ”Blue Hills” yang disediakan Microsoft Office
3) Pilihlah gambar dengan cara melakukan klik pada gambar tersebut

4) Klik menu Slide Show. Lanjutkan dengan memilih Custom Animation.
5) Sesaat kemudian, pada bagian kanan halaman Microsoft PowerPoint akan muncul task pane Custom Animation.
6) Klik tombol Add Effect. Dari proses ini akan muncul pilihan Entrance, Emphasis, Exit, serta Motion Paths. Pilihlah Entrance, kemudian pilihlah Fly In. Di samping kiri gambar akan muncul kotak kecil dengan nomor 1. Kotak ini menandakan bahwa pada gambar tersebut telah diberikan animasi. Kotak dialog Custom Animation memperlihatkan jenis animasi yang telah diterapkan pada gambar tersebut.
Keterangan
  •  Kotak start: menandakan cara memulai animasi. Keterangan On Click menandakan bahwa animasi akan dilakukan jika Anda telah melakukan klik pada halaman presentasi. Jika Anda memilih With Previous, animasi akan dijalankan bersama objek-objek sebelumnya. Pilihan After Previous menyebabkananimasi dijalankan setelah animasi pada objek-objeksebelumnya dijalankan. Dua pilihan terakhir tersebut bermanfaat saat Anda melakukan animasi pada banyak objek.
  •  Direction: menandakan arah asal gerakan animasi. Misalkan Anda memilih From Bottom maka objek akan bergerak dari arah bawah.
  •  Speed: menunjukkan kecepatan animasi. Pilihan yangditawarkan yaitu Very Slow, Slow, Medium, Fast, dan Very Fast.
7) Klik tombol Play atauSlide Show untuk melihat tampilan animasi. Animasi Custom Animation
    dapat dihilangkan dari objek. Caranya,  klik objek tersebut kemudian klik tombol Remove.





Cara Menggunakan animasi pada satu objek pada power point 4.5 5 b Senin, 28 Maret 2016 Jenis Animasi Pada Microsoft PowerPoint, Anda dapat menggunakan beberapa metode animasi. Metode pertama yaitu Animation Schemes (pola animas...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.