Jelaskan membuat batas kartu nama dengan CorelDRAW?

 on Senin, 07 Maret 2016  

 Membuat Batas Kartu Nama
Sebelum memulai membuat batas kartu nama, pastikan komputer Anda telah siap dengan CorelDRAW. Setelah itu ikuti langkah berikut.
  1. Buat dokumen baru dengan ukuran halaman A4
  2.  Klik alat Rectangle Tool pada toolbox Rectangle.
  3. Arahkan pointer pada drawing area di pojok kiri atas
  4.  Klik kiri dan tahan kemudian arahkan pointer ke pojok bawah untuk mendapat bentuk bangun persegi panjang
  5.  Setelah terbentuk bangun persegi panjang, lepaskan tombol mouse. Untuk kali ini Anda telah membuat objek berbentuk persegi panjang. Selanjutnya, Anda perlu mengubah ukuran objek sesuai ukuran kartu nama. Sebagai latihan misalnya kita gunakan ukuran kartu pelajar Anda yaitu 85 mm × 55 mm. Untuk mengubah objek persegi panjang tersebut, ikuti langkah berikut.
  1. Aktifkan objek persegi menggunakan Pick Tool. 
  2. Perhatikan Object Size pada property bar. Anak panah mendatar menandakan ukuran panjangnya. Adapun anak panah tegak menandakan ukuran tinggi objek.
  3. Arahkan pointer di kotak sebelah kanan anak panah tersebut
  4.  Klik kotak tersebut hingga pointer berubah menjadi menjadi kursor
  5. Isikan nilai masing-masing 85 mm dan 55 mm. Ingat, angka ukuran objek sebelum Anda ubah sebaiknya dihapus dahulu. Untuk lebih jelas, perhatikan Gambar
Setelah selesai tekan Enter untuk mengakhiri proses tersebut. Anda kini telah berhasil membuat batas kartu nama sesuai ukuran yang direncanakan. Selanjutnya, Anda menuju proses membuat latar belakang kartu nama. Ikuti uraian berikut.

2. Mendesain Latar Belakang
Untuk mendesain latar belakang pada objek syarat mutlaknya yaitu Anda harus mengaktifkan objek yang akan diberi efek. Oleh karena itu, Anda harus mengaktifkan objek persegi panjang tadi. Selengkapnya ikuti langkah berikut.
a. Aktifkan objek persegi panjang dengan Pick Tool.
b. Arahkan pointer pada toolbox Fill Tool dan lakukan klik kiri.
c. Geser pointer ke kanan menuju alat Texture Fill Dialog dan klik kiri.
d. Tunggu sesaat hingga muncul jendela Texture Fill seperti gambar di bawah ini
e. Pilih tekstur isian pada kotak Texture List, misalnya pilih Soft Water. Supaya hasilnya tidak terlalu gelap masukkan nilai 36 pada Brightnes ±%.

f. Tekan OK untuk mengakhiri proses tersebut dan perhatikan hasilnya. Kini Anda dapat melihat hasil pemberian latar belakang kartu nama pada monitor. Apabila langkah Anda sama seperti yang telah diuraikan, hasilnya dapat







Jelaskan membuat batas kartu nama dengan CorelDRAW? 4.5 5 b Senin, 07 Maret 2016  Membuat Batas Kartu Nama Sebelum memulai membuat batas kartu nama, pastikan komputer Anda telah siap dengan CorelDRAW. Setelah itu ikuti la...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.