Menambahkan repositori baru ke debian

 on Rabu, 15 Juni 2016  

REPOSITORI BARU
Ada beberapa langkah yang mesti dilakukan untuk dapat menambahkan repositori baru ke debian sebagai berikut. Apabila sumbernya dalam bentuk CD/DVD maka perintah berikut dapat  digunakan untuk menambahkan repositori dari DVD tersebut.

apt-cdrom add

Apabila sumbernya berasal dari sebuah server di jaringan lokal ataupun internet langkah-langkahnya.
a. Tentukan repositori yang ingin ditambahkan, misalnya akan menambahkan repositori Debian dari Universitas Indonesia dengan alamat

deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ wheezy main
deb-src http://kambing.ui.ac.id/debian/ wheezy main

b. Edit file /etc/apt/sources.list menggunakan editor teks nano atau sejenisnya. Tambahkan setiap baris yang telah ditentukan diatas pada bagian akhir dari file tersebut.
c. Jalankan perintah berikut agar repositori yang ditambahkan dapat diadopsi ke sistem Debian di komputer, terutama apabila terdapat update untuk aplikasi

apt-get update

PERUBAHAN/PENGHAPUSAN DATA REPOSITORI
Perubahan terkait penggantian data ataupun penghapusan dapat dilakukan langsung dari file /etc/apt/sources.list. Apabila yang diinginkan hanya menonaktifkan repositori tertentu cukup dengan memberikan tanda pagar (#) diawal barisnya.

MANAJEMEN REPOSITORI MELALUI APLIKASI GUI
Sebagaimana telah dijelaskan diatas, Synaptic Package Manager juga dapat digunakan untuk mengelola repositori. Caranya dapat dengan mengakses menu Settings > Repositories di Synaptic.

Pengelolaan repositori melalui aplikasi Synaptic Package Manager

Penambahan repositori dari window ini dapat dilakukan melalui tab Other Software > klik tombol Add…. Kemudian apabila ingin menambahkan CD/DVD, dapat menggunakan tombol Add Volume….
Menambahkan repositori baru ke debian 4.5 5 b Rabu, 15 Juni 2016 REPOSITORI BARU Ada beberapa langkah yang mesti dilakukan untuk dapat menambahkan repositori baru ke debian sebagai berikut. Apabila sumbe...


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.